Visi dan Misi

Sekilas tentang Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi FKH-UGM .
Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi FKH-UGM merupakan rumah sakit pendidikan yang mengamalkan tiga unsur Tridarma Perguruan Tinggi, yang meliputi:

  1. Bidang pendidikan: Melatih mahasiswa tingkat profesi (calon dokter hewan).
  2. Bidang penelitian: Merupakan sarana dan prasarana untuk melakukan penelitian.
  3. Bidang pengabdian: Merupakan sarana pengabdian masyarakat, yaitu secara langsung melakukan layanan kesehatan hewan kepada masyarakat yang berupa pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan.

Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi FKH-UGM berfungsi sebagai:

  1. Tempat mendidik dan melatih ketrampilan mahasiswa tingkat profesi (calon dokter hewan) dalam melakukan pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan perawatan terhadap hewan-hewan yang sakit dan sehat.
  2. Tempat mendidik dan melatih ketrampilan bagi mahasiswa magang yang berasal dari Program Diploma, baik dari FKH-UGM maupun dari luar instansi FKH-UGM.
  3. Pusat penyelenggaraan pelatihan untuk “continuing education“ berbagai macam ketrampilan.
  4. Pusat pelatihan bedah saluran pencernaan untuk seluruh dokter bedah se-Indonesia. Dalam hal ini RSH Prof. Separwi menjalin kerja sama dengan instansi lain terkait yang membutuhkan, yaitu Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
  5. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terhadap pasien hewan kecil, hewan besar, eksotis, aquatic, unggas, wild animal, dll.
  6. Pelayanan untuk penerangan (penyuluhan) mengenai penyakit-penyakit zoonotik kepada masyarakat.
  7. Sarana dan prasarana untuk melakukan berbagai penelitian dasar dan terapan.

Visi

Menjadi Rumah Sakit Hewan Pendidikan kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dan dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa.

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran dan pengabdian pada bidang kesehatan hewan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dengan berbasis riset.
  2. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat  pada bidang kesehatan hewan berkelas dunia, beridentitas kerakyatan, serta membangun sosio-budaya Indonesia.